7 Hal yang Tidak Kamu Ketahui dibalik Dahsyatnya Gempa Nepal

7 Hal yang Tidak Kamu Ketahui dibalik Dahsyatnya Gempa Nepal

Gempa Bumi besar melanda Nepal pada hari sabtu kemarin tepatnya tanggal 25/04/2015, gempa ini menjadi duka bagi warga nepal sebab selain mengakibatkan kerusakan yang cukup parah gempa Nepal juga memakan beberapa korban jiwa dan korban luka.

Nah berikut ini ada beberapa hal yang mungkin tidak kamu ketahui dari gempa nepal.

1. Gempa Nepal Berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR)

Kekuatan gempa bumi yang mengguncang wilayah ibu kota Nepal, Kathmandu, pada Sabtu (25/4) direvisi menjadi 7,9 skala richter, membuat bangunan-bangunan runtuh dan melukai beberapa warga.

Survei Geologi AS mengatakan gempa itu, awalnya dilaporkan berkekuatan 7,7 SR tapi direvisi menjadi 7,9 SR di 80 km timur dari Pokhara, dengan kedalaman hanya 2 km.

Kami sedang dalam proses untuk menemukan informasi lebih lanjut dan bekerja untuk menjangkau mereka yang terkena dampak, baik di rumah (India) dan di Nepal,” kata Perdana Menteri India Narendra Modi lewat Twitter.

2. Pusat gempa tidak jauh dari Ibukota Nepal

Pusat gempa sekitar 77 kilometer arah barat laut ibu kota Nepal, Kathmandu, dengan kedalaman 15 kilometer.

Gempa tercatat 7,9 SR dan terjadi di daerah antara ibukota Kathmandu dan Kota Pokhara,” kata USGS seperti dikutip dari NBC News, Sabtu (25/4/2015).

3. Jumlah Korban Tewas

Jumlah korban terus bertambah, menyusul terjadinya gempa bumi hebat yang mengguncang Nepal pada Sabtu (25/4/2015). Terakhir dilaporkan, jumlah yang meninggal mencapai 2.300 orang.

Korban jiwa sebagian besar ada di kota-kota besar, termasuk ibu kota Nepal, Kathmandu, yang hancur lebur akibat gempa terbesar di Nepal sejak 1934.

4. Sudah Diprediksi Sepekean yang Lalu

Sepekan lalu, sekitar 50 ahli gempa bumi dan ilmuwan sosial dari seluruh dunia berkumpul di Kathmandu, Nepal. Mereka memutar otak untuk mengantisipasi gempa bumi besar yang diprediksi akan menimpa Nepal. Gempa tersebut dianggap mirip dengan gempa yang menghancurkan Kathmandu pada 1934.

Meski sudah memprediksi gempa dahsyat tersebut, namun tim ahli belum mengetahui lokasi serta tanggal pastinya ketika itu.

5. Ada pendaki Indonesia yang Hilang

Dari informasi yang dihimpun, ada tujuh pendaki dari Indonesia yang berada di Nepal yaitu Tessy Ananditya dan Sapta Hudaya yang mendaki gunung Annapurna, Virgo Dirgantara, Handri Ramdhani, Nicko Ronny dengan pemandu dari Himalaya Guides yang diperkirakan berada di Lobuche, dan tiga pendaki dari Taruna Hiking Club Bandung yaitu Jeroen Hehuwat, Kadek Andana dan Alma Parahita. Ketujuh pendaki tersebut belum diketahui kabarnya pasca gempa yang melanda Nepal.

6. Menimbulkan longsor salju di Gunung Everest

Gempa tersebut juga memicu longsoran di Gunung Everest, menewaskan sedikitnya 17 orang di Base Camp Selatan. Tim gunung Angkatan Darat India dikabarkan mendapati 18 jenazah. Diperkirakan ada lebih dari 1.000 pendaki yang berada di Gunung Everest ketika gempa terjadi, dengan setidaknya 61 orang luka-luka dan sejumlah hilang atau terjebak di kamp-kamp di ketinggian yang lebih tinggi. Gunung Everest berada 220 kilometer timur pusat gempa.

7 Gempa Nepal Bisa Terjadi di Indonesia

Peneliti gempa yang tergabung dalam Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) Irwan Meilano, menyebutkan bahwa gempa besar seperti yang melanda Nepal, juga bisa terjadi di Indonesia.

Irwan mengatakan, gempa besar berpotensi mengguncang Indonesia, karena kondisi tektonik Indonesia saat ini cukup lengkap.

0 Response to "7 Hal yang Tidak Kamu Ketahui dibalik Dahsyatnya Gempa Nepal"