Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!

Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!  - Blog adalah singkatan dari weblog, merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai postingan di sebuah halaman web. Bagi mereka para pelaku dan pengguna blog sering disebut dengan blogger. Nah, buat kamu yang ngaku seorang blogger! Jangan ngaku blogger kalau belum tahu 10 hal berikut ini:

1. Awal Mula Blog


Tahukah kamu? kalau blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyara Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh mbah Google pada tahun 2002. Dan Sejak saat itu banyak aplikasi dan fitur dari blog yang tadinya premium atau berbayar menjadi gratis berkat Google.

2. Fungsi Blog

Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!

Blog sendiri memiliki berbagai macam fungsi, mulai dari sebagai catatan pribadi, media publikasi, politik, hingga menjadi sebuah media promosi, bahkan ada juga yang menggunakan platform blog seperti wordpress yang sudah dimodifikasi menjadi toko online. Jadi bisa dibilang fungsi blog ini bisa tergantung dari si pemiliknya sendiri.

3. Genre Blog

Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!

Genre blog sendiri di Indonesia saat ini banyak sekali macamnya. Mulai dari bloger personal yang menuliskan apa saja tentang kegiatan keseharian, travel blogger, food blogger, fashion blogger, beauty blogger, blogger SEO, bahkan ada juga emak-emak blogger yang isinya membahas seputar parenting dan family.

4. Cari Uang Lewat Blog

Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!

Cari uang lewat blog? bisa banget loh hari gini, cara yang termudah adalah kamu menggunakan google adsense. Jadi blog kamu akan menghasilkan uang jika banyak pengunjung blog yang klik banner google adsense kamu, tapi google gak bisa diakalin dengan kamu mengklik terus menerus ya! karena 1 klik per-IP lah yang bakal dibayarkan.

5. Punya Domain Sendiri

Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!

Ketika kamu sudah aktif dan eksis di blog, agar blog jadi lebih kece alangkah baiknya kamu menggunakan nama domain sendiri. Emang sih, harus merogoh sedikit kocek tapi saat ini udah banyak kok penyedia jasa paket domain dan hosting yang murah meriah.

6. Design Templete

Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!

Ketika kamu menggunakan blog dengan template bawaan memang kesannya udah sangat biasa. Bahkan template bawaaan yang sudah kita gunakan terkesan basi karena sama dengan para pengguna blog lainnya. Agar memiliki tampilan blog yang lebih kekinian dan lebih kamu banget, kamu bisa loh mendesign template sendiri jika kamu mengerti sedikit koding dan css, tapi kalau gak ngerti sama sekali kamu bisa membeli design template praktis tinggal pakai, dari berbagai designer yang dijual disebuah website.

7. SEO

Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!

Jika kamu memiliki blog atau website kayaknya bakal percuma jika susah ditemukan dimesin pencari. Oleh karena itu dibutuhkanlah teknik SEO atau Search Engine Optimization. Jika kamu tidak mengerti SEO kamu bisa menggunakan jasa SEO atau mempelajarinya dari berbagai forum, milis yang ada di internet. Namun sebenarnya google juga akan merekomendasikan blog atau website kamu dihalamannya jika konten yang kamu buat bagus, unik, original, memiliki foto yang bagus, enak dibaca oleh banyak orang, dapat dipercaya dan membuat orang ingin comment dan share.

8. Komunitas Blogger

Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!

Gak lengkap rasanya jika kamu cuma ngeblog-ngeblog sendirian, coba deh ikuti dan masuk ke forum-forum dan komunitas blogger yang ada di facebook, twitter atau datang langsung ke websitenya. Seperti warung blogger, kancut keblenger, jamban blogger, Indonesia Beauty blogger atau kumpulan blogger regional.

9. Hari Blogger Nasional

Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!

Pada tahun 2007 jumlah pengguna blog di Indonesia ada sekitar 500.000 dan pada 2012 sudah menembus angka 5 juta blog dan angkat terus bertambah. Tahukah kamu kalau di Indonesia juga da yang namanya Hari Blogger Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 27 Oktober. Hari blogger Nasional dicangankan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Muhammad Nuh pada 27 Oktober 2007 di acara Pesta Blogger.

10. Blogger Cuma Tren?

Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!

Jika dulu sosial media ada yang namanya Friendster lalu hilang digantikan oleh facebook, twitter dan sekarang orang Indonesia lagi asyik bersosial media menggunakan path dan instagram. Apakah kegiatan nge-blog ini akan mati termakan oleh trend? Mungkin hanya waktu yang bisa menjawab, namun yang namanya kegitan ngeblog pada dasarnya adalah menulis, mempublikasikan konten seperti gambar, foto, video. Dan blog hanya salah satu fasilitas atau wadahnya saja.

2 Responses to "Jangan Ngaku Blogger, Kalau Kamu Gak Tahu 10 Hal ini!"

  1. Replies
    1. Thanks sudah berkunjung gan ..
      Sering" mampir di sini untuk info update lain nya ..

      Delete