Pembalut Berklorin Aman, Yang Penting Kamu Menjaga Kebersihan Miss V

Pembalut Berklorin Aman, Yang Penting Kamu Menjaga Kebersihan Miss V - Jangan resah dengan pembalut berklorin, selama kamu tetap menjaga kebersihan ya! Beberapa hari lalu para wanita mungkin sempat dihebohkan dengan pemberitaan pembalut berbahaya karena mengandung klorin, bahan kimia yang biasa digunakan sebagai pemutih. Hasil penelitian yang diungkap oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) ini menyatakan ada 9 produk pembalut dan 7 pantyliner yang mengandung klorin tinggi.

pembalut berklorin terbukti aman

Menurut YLKI, kandungan klorin pada pembalut dikhawatirkan dapat menganggu kesehatan organ intim wanita yang menyebabkan risiko iritasi, gatal-gatal, hingga keputihan.

Menanggapi hasil penelitian YLKI tersebut, Kementrian Kesehatan menyatakan pembalut yang mengandung klorin aman digunakan. Pembalut wanita maupun pantyliner yang beredar di Indonesia, telah melewati proses uji laboratorium dan mendapat izin edar.

Dilansir dari berbagai sumber, para ahli juga menyatakan bahwa pemakaian klorin  dalam pembalut tidak diatur dalam  standar internasional karena aman digunakan. Kecuali jika dimakan, kandungan klorin barulah  berbahaya. Sebagaimana yang ditetapkan oleh badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat atau Food and Drugs Administration (FDA), dan juga Standar Nasional Indonesia (SNI).

Apalagi sejauh ini, belum ada penelitian yang mengungkap efek klorin dalam pembalut terhadap kesehatan organ intim wanita karena fungsi amannya yang hanya digunakan pada bagian luar sebagai penampung darah haid. Kalau pun berbahaya, perlu ada penjelasan lebih lanjut mengenai kadar klorin yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Foto Belahan Miss V Ayu Ting Ting Terlihat Jelas di Acara 'Ada Ada Aja' GlobalTV

Hal paling penting menurut para ahli adalah selalu menjaga kebersihan organ intim selama menstruasi. Dianjurkan untuk rutin mengganti pembalut dan membersihkannya minimal 4 jam sekali agar miss V tetap kering sehingga mencegah berkembangnya kuman bakteri serta iritasi. Selain itu, bersihkan juga miss V secara tepat dari depan ke belakang agar kuman tidak masuk ke dalam vagina yang berpotensi penyakit.

Jadi, kamu nggak perlu resah dengan adanya penelitian mengenai kandungan klorin pada pembalut. Karena semua pembalut yang telah mendapatkan izin edar tentunya aman digunakan oleh masyarakat, dan yang terpenting adalah bagaimana kamu menjaga kesehatan serta kebersihan miss V, terutama selama menstruasi.

0 Response to "Pembalut Berklorin Aman, Yang Penting Kamu Menjaga Kebersihan Miss V"