Danau-Danau Tertinggi di Indonesia

Danau-Danau Tertinggi di Indonesia

Bukan Danau Gunung Tujuh, Danau Ranu Kumbolo atau Danau Toba. Inilah Lembah Danau-danau di Papua yang memiliki banyak danau dan menjadi tertinggi di Indonesia. Tingginya 4.330 mdpl yang panoramanya seperti di luar negeri!

Lembah Danau-danau merupakan tempat kemping para pendaki sebelum menuju Puncak Carstensz. Dari sana menuju puncaknya, menghabiskan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Tim Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz 2015 pun bermalam selama 3 hari di sana pada bulan Agustus kemarin.

Sesuai namanya, Lembah Danau-danau memiliki banyak danau. Menurut ketua tim pemandu kami, Hendricus Mutter terdapat sekitar 10 danau di sini. Menariknya, warna dan ukuran danaunya berbeda-beda.

Danau-Danau Tertinggi di Indonesia

Ada yang warnanya bening, hijau dan biru. Ukurannya juga ada yang luas, tapi ada juga yang kecil kayak genangan saja. Soal warna, hingga kini belum ada penjelasan yang pasti kenapa warnanya bisa berbeda-beda,” ujarnya.

Hendricus menambahkan, kedalamaan tiap danau pun belum diketahui pasti. Sebab belum ada penyelam yang datang dan mengukur kedalamannya. Tenda kami pun didirikan tepat di salah satu danau yang berwarna biru. Dengan dibelakangnya, adalah Puncak Jaya dan Puncak Sumantri yang bersalju.

Kalau yang paling tinggi, itu ada di atas. Naik sedikit dulu terus kelihatan deh,” katanya.

Tahukah kamu berapa ketinggian Lembah Danau-danau ini? Dari plang yang tertulis di sana, tinggi Lembah Danau-danau mencapai 4.330 mdpl. Artinya, danau-danau di sini merupakan danau-danau tertinggi di Indonesia!

Danau-Danau Tertinggi di Indonesia

Selain soal warna, beberapa danau juga memiliki hamparan pasir layaknya di pantai. Ditambah dengan lanskap pegunungan berbatu, panorama Lembah Danau-danau seperti bukan di Indonesia saja.

Kayak di luar negeri ya, di Swiss atau Selandia Baru begitu. Entah kata apa lagi yang sanggup melukiskan keindahan Lembah Danau-danau ini. Silakan buktikan sendiri…

Danau-Danau Tertinggi di Indonesia

2 Responses to "Danau-Danau Tertinggi di Indonesia"

  1. oh jadi yang warna danau di Indonesia yang ada di ketinggian itu karena ada unsur belerang nya ya, masuk akal sih (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap , bisa di bilang seperti itu gan ..

      Delete