10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Ketika kita mendengar kata hacker, yang terlintas dalam pikiran kita mungkin ada sedikit kesan negatif. Jangan salah sangka, hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memiliki keinginan untuk mengetahui secara mendalam mengenai cara kerja suatu sistem, baik komputer ataupun jaringan sehingga menjadi ahli dalam bidang penguasaan sistem, komputer, dan jaringan komputer.

Mereka memang mencari kelemahan suatu sistem, kemudian memberikan masukan untuk memperbaiki kelemahan yang ditemukannya. Mungkin yang kamu maksud selama ini adalah cracker yakni sebutan untuk orang yang mencari kelemahan sistem dan memasukinya untuk kepentingan pribadi atau mencari keuntungan tertentu. Sudah jelaskan sekarang?

10 Film Tentang Hacking yang WAJIB Kamu Tonton


Pekerjaan hacker kedengarannya memang keren bukan? Banyak kasus hacking yang telah terjadi, kadang ditemukan pelakunya adalah anak kecil. Padahal hacking jelas butuh keterampilan khusus kan? Dunia ini memang menarik, tak heran beberapa produsen film mengangkat tema soal hacker. Berikut 10 film tentang hacker yang wajib kamu tonton.

1. Mr. Robot

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Mr. Robot merupakan sebuah TV series yang menceritakan mengenai hacking komputer. Dikisahkan seorang yang sangat pintar tetapi memiliki karakteristik yang unik dan tertutup bernama Elliot. Dia bekerja di salah satu perusahaan cyber ternama dunia, ia meretas segala bentuk sistem dengan alur cerita yang cukup kompleks.

Kamu akan dibuat berpikir setelah menonton setiap episodenya, karena selain cerita utama dari alur film Mr. Robot sendiri, ada cerita tentang yang diselipkan di tengah film. Serta cerita mengenai isi pikiran dari si karakter tersebut yang seolah bisa membaca situasi dan bisa menebak apa yang terjadi berikutnya. Duh! Tidak sabar dengan season selanjutnya yang baru akan dirilis tahun mendatang.

2. Who Am I - No System Is Safe

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Film tentang hacker selanjutnya Who Am I - No System Is Safe, kamu enggak bakal nyangka deh ending filmnya seperti apa. Film ini menceritakan seorang pemuda yang bernama Benjamin yang sangat ahli dalam urusan komputer. Kemampuannya soal komputer pun membuatnya berkenalan dengan Max yang memiliki misi untuk meretas situs-situs yang ada di dunia, Max membutuhkan tenaga Benjamin untuk mempermulus misi rahasianya itu.

Mereka membuat group hacker yang disebut CLAY yang merupan singkatan dari Clowns Laughing At You dengan tujuan untuk meretas sistem keamanan dan membuat lelucon tentang keuangan di dunia. Aktivitas mereka akhirnya menarik perhatian dari Europol Interpol. Yang jelas bakal dibuat pusing sama film ini dan bakalan ngerasain kehebohan dunia hacker.

3. Live Free or Die Hard

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Live Free or Die Hard bercerita tentang McClane yang diperintahkan untuk menangkap seorang hacker yang membobol sistem IT negara. Matt Farell yang merupakan hacker tersebut dituding merencanakan sebuah aksi untuk melumpuhkan kekuatan IT negara yang berhubungan dengan keamanan politik serta perekonomian negara.

Ternyata Farell tidak mengerti mengenai kasus penting ini, dia terseret secara tidak sengaja yang membuatnya dicari banyak pihak. McClane yang berhadapan dengan group hacker yang ingin menangkap Farell dan berjuang habis-habisan menyelamatkannya sambil mencari musuh sebenarnya yang telah membobol pertahanan IT negara.

4. Tron: Legacy

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Tron: Legacy adalah sebuah film fiksi ilmiah penuh aksi yang bercerita tentang seorang hacker yang secara harfiah diculik ke dunia komputer dan dipaksa untuk berpartisipasi dalam permainan gladiator di mana satu-satunya kesempatan untuk melarikan diri adalah bantuan program keamanan heroik.

Hampir seumur hidupnya, Samuel tak pernah bertemu ayahnya. 20 tahun yang lalu, ayah Sam tiba-tiba menghilang tanpa jejak. Ia sangat terobsesi menemukan ayahnya yang hilang, Sam pun menghabiskan seumur hidupnya mempelajari komputer dan teknologi dunia virtual. Suatu ketika, Sam diminta oleh Alan Bradley untuk menyelidiki sinyal aneh yang datang dari video game buatan ayah Sam. Saat menyelidiki sinyal aneh inilah Sam tiba-tiba tersedot ke dunia virtual.

5. Hackers

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Film Hackers ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Dude Murphy dengan intelegensi luar biasa. Namun ia ditangkap polisi karena dianggap telah melakukan tindak kriminal, yaitu menyebarkan virus komputer yang menyebabkan 1.507 sistem crash. Karena tindakanya ini, Dude dijadikan sebagai tahanan rumah dengan masa percobaan 7 tahun. Dia dilarang menggunakan telepon dan komputer sampai usianya mencapai 18 tahun.

Setelah berusia 18 tahun, ia melanjutkan kuliah dan berteman dengan 5 orang hackers. Masalah mulai muncul ketika Joey berhasil menerobos sistem operator komputer perusahaan minyak Ellingson Mineral. Selanjutnya kamu bisa langsung tonton yak, meskipun ini film jadul tahun 1995 tetapi tema hacker tetap terlihat sangat keren apa lagi diperankan oleh Angelina Jolie.

6. The Net

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

The Net menceritakan Angela Bennett yang hidupnya didominasi oleh komputer dan segala apa yang dilakukan atau kebutuhannya dilakukan lewat jaringan internet. Mulai memesan pizza, memanggil FedEx untuk mengirim barang, sampai memesan tiket pesawat dilakukan dengan bantuan internet. Ia juga sangat mudah menghubungi rekan kerjanya sekaligus menjalankan pekerjaannya sebagai analis program pada sebuah perusahaan di bagian security internet network.

Namun dari kemudahan yang dijalani bukan berarti tidak ada resikonya. Tindakan kriminal dunia maya yang biasa disebut cyber crime ini biasa terjadi apabila tidak ada security yang kuat terhadap system di suatu jaringan internet. Ia menjadi terlibat dalam web spionase komputer. Hanya beberapa jam sebelum dia pergi untuk liburan, ia menemukan informasi rahasia pada disk ia telah terima dari seorang teman yang mengubah hidupnya menjadi mimpi buruk. Catatannya akan terhapus dari keberadaan dan dia diberi identitas baru sehingga ia berjuang untuk mencari tahu mengapa hal ini terjadi padanya.

7. Swordfish

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Swordfish berlatar belakang mengenai aksi meretas sistem keuangan internasional. Film ini mengisahkan bagaimana seorang bos mafia yang merekrut paksa seorang mantan hacker guna membobol jaringan keuangan internasional melalui aksi peretasan secara online menggunakan beberapa unit super komputer secara bersamaan.

Kisah sukses tokoh Gabriel Shier memindahkan uang tersebut ke rekening pribadinya di Monte Carlo, mengingatkan kembali kepada penulis mengenai pentingnya sistem keamanan finansial dalam institusi keuangan baik secara sistematis maupun elektronis. Pokoknya filmnya lebih keren deh dibandingkan sinopsisnya.

8. The Fifth Estate

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

The Fifth Estate bercerita tentang Julian Assange, seorang pendiri WikiLeaks yang membuat heboh dengan membuka data dan informasi penting yang sebenarnya merupakan informasi rahasia. Bersama sahabatnya WikiLeaks membongkar dan meng-upload ke internet yang dapat diakses oleh siapa pun. Karena situs ini, banyak bank yang bangkrut.

Informasi kontroversial ini jelas membuat situs mereka meraih kepopuleran dengan cepat dan membuat banyak pihak yang merasa kesal dengan keberadaannya. Di waktu yang sama, timbul konflik internal di WikiLeaks. Selanjutnya, langsung tonton aja ya.

9. Revolution OS

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Film dokumenter ini menceritakan tentang sistem operasi Linux, dan bagaimana meneruskan filosofi "open source" dan properti intelektual gratis. Tentunya sangat menarik bagi kamu yang tertarik dengan sistem operasi Linux.

Seperti yang kamu ketahui, sistem operasi besutan Microsoft memang mendominasi tapi berbayar. Kebijakan yang diterapkan Microsoft juga sangat ketat terkait perizinan, kepemilikan, distribusi, dan perubahan perangkat lunak mereka.

10. Cybergeddon

10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton

Cybergeddon merupakan sebuah TV series yang bercerita tentang hacking komputer. Pada film ini, seorang hacker melakukan hacking melalui komputernya untuk merampok sejumlah uang dari bank dengan melewati jaringan sistem keamanan yang sangat ketat tentunya.

Film ini semakin seru karena tingkat kejahatan di dunia cyber semakin meningkat dan polisi tidak bisa melakukan apapun.

Baca Juga: Inilah 10 Hacker Paling Berbahaya di Dunia

Itulah 10 film tentang hacker yang pasti seru dan wajib kamu tonton. Ada tambahan? Sematkan di bagian komentar ya.
loading...

0 Response to "10 Film Tentang Hacker yang WAJIB Kamu Tonton"