MotoGP Abadikan Nomor 58 Jadi Milik Marco Simoncelli

MotoGP Abadikan Nomor 58 Jadi Milik Marco Simoncelli

MotoGP mengabadikan nomor 58 untuk jadi milik almarhum Marco Simoncelli seorang. Nomor tersebut akan dipensiunkan alias tidak bakal dipakai oleh pebalap MotoGP lain di kemudian hari. Langkah ini diambil sebagai bentuk penghormatan pada Simoncelli, yang meninggal di GP Malaysia 2011, lima tahun lalu.

Dikutip oleh CNN Indonesia, pada Kamis (8/9) ini akan digelar seremoni pensiunnya nomor 58 di ajang MotoGP sebelum konferensi pers Grand Prix San Marino. Dorna memastikan nomor itu menjadi milik Marco Simoncelli. Sepanjang kariernya, Simoncelli sudah bertarung di tiga tingkatan MotoGP sejak 125 cc selama 10 tahun. Ia memang cuma tampil dua musim di kelas teratas, MotoGP dengan seragam Honda Gresini, tetapi kenangan tentangnya bakal kekal abadi.

Marco Simoncelli yang lahir pada 20 Januari 1997, memulai kariernya di ajang 125 cc pada tahun 2002. Ia bertahan di tim Matteoni Racing Team selama dua tahun, sebelum pindah ke Rauch Bravo pada 2004, lalu Nocable pada tahun berikutnya. Meskipun, sama-sama menunggangi motor pabrikan Aprilia.

Empat tahun melatih kemampuan di 125 cc, pada 2006 Marco Simoncelli bergabung ke Metis Gilera untuk ajang lebih atas, 250 cc. Di sini Simoncelli bertahan selama empat tahun. Dengan prestasi terbaik datang pada musim 2008. Ketika itu sang pebalap Italia sukses meraih peringkat pertama. Butuh waktu hingga 2010 sampai Simoncelli menyeberang ke Honda Gresini di ajang MotoGP.

MotoGP Abadikan Nomor 58 Jadi Milik Marco Simoncelli

Penampilannya di MotoGP langsung menyita perhatian karena gaya agresif Marco Simoncelli di setiap balapan. Namun, kariernya terhenti pada GP Malaysia tahun 2011, tepatnya pada 23 Oktober. Kecelakaan maut yang terjadi di lap kedua grand prix tersebut mengakhiri hidup Simoncelli.

Sepanjang kariernya, Marco Simoncelli nyaris selalu memakai nomor 58. Kecuali, ketika tampil di GP Jepang pada 2002, kala ia memakai nomor 37. Kini, lima tahun setelah tragedi di GP Malaysia, nomor 58 itu abadi menjadi milik sang pebalap Italia.

Penghargaan terhadap Marco Simoncelli sendiri tidak hanya itu. Sirkuit Misano untuk GP San Marino, diberi nama sesuai dengan nama sang pebalap, Misano World Circuit Marco Simoncelli sejak 2012.

0 Response to "MotoGP Abadikan Nomor 58 Jadi Milik Marco Simoncelli"